Bahan-Bahan Furniture Laboratorium

Laboratorium merupakan pusat inovasi dan penelitian yang membutuhkan peralatan dan furniture yang dirancang khusus untuk mendukung berbagai kegiatan ilmiah. Furniture laboratorium tidak hanya harus fungsional tetapi juga tahan lama dan aman untuk digunakan. Berikut adalah beberapa bahan yang umum digunakan dalam pembuatan furniture laboratorium:

1. Phenolic Resin

Phenolic resin adalah bahan yang sering digunakan untuk meja laboratorium karena ketahanannya terhadap bahan kimia, panas, dan goresan. Ini adalah pilihan yang baik untuk area kerja yang sering terpapar bahan kimia.

2. Epoxy Resin

Epoxy resin memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap bahan kimia dan panas, menjadikannya pilihan yang ideal untuk permukaan meja laboratorium. Ini juga mudah dibersihkan dan memiliki permukaan yang tidak berpori, mencegah pertumbuhan bakteri.

3. Stainless Steel SUS 316

Stainless steel SUS 316 digunakan dalam pembuatan furniture laboratorium karena ketahanannya terhadap korosi dan kemudahan dalam pembersihan. Ini sering digunakan untuk sink dan area yang memerlukan sanitasi tingkat tinggi.

4. Laminate Plastik

Laminate plastik adalah bahan yang ekonomis dan tersedia dalam berbagai warna dan pola. Meskipun tidak sekuat resin atau stainless steel, laminate plastik cukup tahan lama untuk penggunaan umum.

5. Kayu

Kayu masih digunakan dalam pembuatan furniture laboratorium, terutama dalam kasus-kasus di mana estetika adalah pertimbangan utama. Namun, kayu harus dilapisi dengan bahan tahan kimia untuk melindungi dari paparan.

6. Polypropylene

Polypropylene adalah bahan yang tahan terhadap banyak bahan kimia dan sering digunakan untuk lemari penyimpanan bahan kimia. Ini juga ringan dan dapat dengan mudah dibentuk ke dalam berbagai bentuk.

7. Metal Casework

Metal casework sering digunakan untuk kerangka furniture laboratorium karena kekuatan dan durabilitasnya. Ini biasanya dilapisi dengan bahan tahan kimia untuk perlindungan tambahan.

8. Multipleks (Plywood)

Multipleks adalah pilihan yang lebih ekonomis untuk furniture laboratorium. Ini sering digunakan untuk lemari dan rak penyimpanan, dan biasanya dilapisi dengan bahan tahan air dan kimia.

Pemilihan bahan yang tepat untuk furniture laboratorium sangat penting untuk memastikan keselamatan dan efektivitas dalam lingkungan laboratorium. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan pemilihan harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik laboratorium tersebut.

Bahan-Bahan Furniture Laboratorium